Sunday 3 April 2011

Gempa Juga Goyang Banyuwangi

TEMPO Interaktif, Banyuwangi -Gempa berkekuatan 7,1 skala ritcher di 293 kilometer barat daya Cilacap, Jawa Tengah pada jam 03.06 WIB, juga dirasakan warga di Dusun Grajagan Pantai, Desa Grajagan, Banyuwangi, Jawa Timur.
Ratusan warga yang rumahnya berdekatan dengan pantai berhamburan keluar rumah begitu merasakan getaran. Namun getaran tersebut tidak sampai menimbulkan kerusakan. "Televisi dan kipas angin saya bergoyang," kata Supariyanto, 40 tahun, salah satu warga Grajagan kepada Tempo, Senin (4/4).

Menurut Supariyanto, sebagian warga yang keluar rumah langsung memantau kondisi pantai begitu mendengar informasi dari televisi kalau gempa tersebut berpotensi tsunami. Warga Grajagan, kata dia, trauma karena tsunami pernah melanda desanya pada 1994 lalu.
Akibatnya, warga memilih bertahan di luar rumah selama dua jam. "Kami takut ada gempa yang lebih besar," ujar dia yang rumahnya berjarak 200 meter dari pantai. Warga baru masuk ke dalam rumah pada pukul 05.00 WIB setelah status ancaman tsunami di Cilacap dicabut.

Saat ini, tambah Supariyanto, warga Grajagan Pantai yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan telah beraktivitas seperti biasanya untuk mencari ikan di laut.

Ika Ningtyas

No comments:

Post a Comment